Jumat, 14 Agustus 2015

Jenis dan Harga Burung Jalak

Jenis dan harga burung jalak - Burung jalak adalah salah satu burung yang banyak dipelihara di Indonesia, baik sebagai burung kicau maupun burung hias. Burung jalak yang dijadikan burung hias biasanya dari jenis jalak yang berwarna cerah dan unik. Jalak yang digunakan sebagai burung kicau cenderung mempunyai suara yang keras dan rame. Ada ratusan jenis jalak diseluruh dunia, tetapi yang umum  dipelihara di Indonesia adalah beberapa jenis jalak ini : jalak suren, jalak putih, jalak bali, dan jalak hitam atau jalak kebo. Beberapa kicau mania biasanya menjadikan burung jalak ini sebagai burung masteran, karena suaranya yang keras dan ribut, jadi mudah didengar burung lain. Ada kelebihan burung jalak ini yaitu bisa jinak dan tidak takut tangan. Tentu ini berlaku jika jalak sudah sering dipegang atau di pelihara dari kecil. Jenis jalak yang gampang jinak biasanya dari jenis jalak kebo.

Jenis dan harga burung jalak

Nah berikut jenis dan harga jalak yang dapat saya sampaikan. Jenis jalak ini sering ditemui di Indonesia.

1. Jalak Suren

Jalak suren banyak ditmukan di wilayah indonesia, sekitar Pulau Sumatera, Jawa dan Bali. Suara burung ini sangat keras, dan ribut sehingga banyak sekali dipelihara sebagai burung kicauan atau menjadi burung masteran. Burung jalak di habitatnya hidup dalam kelompok kecil dan banyak menghabiskan waktu di tanah untuk mencari makan, seperti cacing, belalang, atau orong-orong. jenis jalak suren Jalak suren berwarna perut putih, sayap hitam, dengan strip putih pada sayap dan pipi. Paruh berukuran besar dengan warna kuning atau oranye.

2. Jalak Bali

Jalak bali adalah salah satu burung endemik indonesia, burung jalak ini hanya terdapat di pulau Bali. Jalak ini termasuk burung monomorphic, jantan dan betina mempunyai bentuk yang serupa jadi tidak dapat dibedakan dengan mudah. Jalak bali mempunyai warna putih diseluruh tubuhnya, disekitar kelopak mata tidak berbulu dan berwarna biru cerah, ujung bulu sayap dan ekor berwarna hitam. Selain itu jalak bali mempunyai jambul diatas kepalanya dan ukuran jambulnya paling panjang dari jambul jalak lainnya. jenis jalak bali

3. Jalak Putih

Jalak putih sekarang termasuk burung jalak yang langka. Burung jalak ini diperlakukan khusus oleh negara dengan menjadi burung yang dilindungi. Karena di habitat aslinya burung ini hampir tidak menunjukan perkembangbiakkan yang signifikan. Jalak putih berwarna unik, dengan warna dominan putih dan warna setengah sayapnya hitam. Sekitar kelopak mata tidak tumbuh bulu seperti jalak bali, melainkan sekitaran kelopak mata berwarna kuning.

4. Jalak Nias/Jalak Kebo

Jabo atau jalak kebo, menurut saya adalah salah satu jenis burung jalak yang banyak dipelihara dan dijual di pasaran. Jalak kebo adalah salah satu burung jalak yang bisa jinak dengan majikannya, tentu jika sering dipelihara yah. jenis jalak kebo Warna jalak ini berwarna dasar abu-abu-hitam (gelap) dengan warna paruh dan kaki berwarna kuning. Jalak ini dinamakan jalak kebo, karena jika dialam liar burung jalak ini sering sekali bertengger di atas kerbau mencari kutu untuk dimakan. Sebenarnya tidak hanya kerbau, pada kuda gaja dan hewan lainnya pun demikian.

5. Jalak Thailand

Sepeti namanya jalak ini berasal dari thailand, atau kadang juga disebut jalak hongkong. Jalak ini berukuran lebih besar dari jalak lokal lainnya. Jalak hongkong mempunyai corak warna yang lebih ramai, corak putih pada sayapnya lebih banyak dari jalak lainnya. Keunggulan dari jalak ini adalah dapat menirukan suara burung lainnya dengan bagus, bahkan dengan suara vokal yang lebih jelas. jenis jalak hongkong, Jenis dan Harga Burung Jalak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar